Kamis, 03 Oktober 2013

1. CANDI SUROWONO
Candi Surowono Terletak di Dsn Surowono Ds Canggu Kec.Badas.Candi Surowono merupakan pendharmaan oleh Bhre-Wengker di Masa Kerajaan Majapahit yang tertulis di Kitab Negara Kertagama.
Bhre Wengker dituliskan meninggal tahun 1388 dan di dharmakan di Curabhana.Candi Surowono di bangun pada tahun 1400 M dikarenakan pendarmaan seorang Raja dilakukan setelah 12 tahun meninggal serta telah dilakukan upacara Srada.Akhirnya dibangunkan Sebuah Candi untuk memberi penghormatan kepada raja tersebut.Arsitektur dari Candi Surowono berbentuk bujur sangkar dan pondasi tersebut terbuat dari batu bata dengan kedalaman 30 cm sedangkan kaki dan tubuhnya terbuat dari batu andesit.Candi Surowono menghadap ke arah barat dan mempunyai ukuran 7,8 M X 7,8 M serta tinggi Candi Surowono 4,72M. Tetapi atap nya sudah runtuh.Dikeliling Candi terdapat relief binatang dan cerita tantri.Dan sebelah barat daya terdapat relief cerita Arjunawiwaha,sebelah timur laut terdapat relief cerita Bubuksah,dan sebelah tenggara terdapat relief Sritanjung.



2. TEROWONGAN / GUA SUROWONO
Konon ceritanya terowongan Surowono adalah peninggalan kerajaan Majapahit. terowongan ini digunanakan sebagai persembunyian para raja, pada saat situasi lagi genting(peperangan). Adapula kabar adanya sistem pengairan dan irigasi yang dibangun di bawah permukaan tanah alas Surowono oleh kerajaan tersohor itu. Terowongan bawah tanah yang selalu terisi air nan mengalir. Hawanya sejuk berselimut rimbun bambu dan akar beringin yang semakin menguat. Terletak di Dukuh Surowono, Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Masyarakat setempat mempercayai bahwa selain candi dan pemandian, terowongan tersebut adalah awal peradaban dusun Surowono. Terowongan ini adalah terowongan air bawah tanah yang berjarak Sembilan Meter dari permukaan tanah. Mempunyai Dua sisi, yakni
Utara dan Selatan. Terowongan sisi Selatan mengarah ke sungai. Terdiri dari Lima sumur dengan jarak antar sumur sekitar 50-100 meter. Mulut terowongan berbentuk kubah, mempunyai tinggi sekitar 160 – 180 sentimeter. Di beberapa bagian, ketinggiannya hanya 150 sentimeter. Bahkan di antara sumur Keempat dan Kelima jarak dasar terowongan dengan langit-langit hanya sekitar 60 sentimeter. Pada dinding-dindingnya banyak rembesan air, sehingga membuat ruangan selalu terisi air dengan ketinggian bervariasi mulai setinggi mata kaki hingga perut orang dewasa. Sedangkan terowongan sisi Utara fisiknya tak jauh beda dengan terowongan sisi Selatan. Namun hingga saat ini masih belum diketahui terowongan tersebut mengarah kemana. Juru kunci terowongan mengatakan tim penjelajah dari warga setempat tak bisa meneruskan perjalanan. Karena kadar oksigen di dalam terowongan sisi Utara lebih rendah daripada sisi Selatan.



1 komentar:

  1. Mau tanya" sama kaka, kalau ada nomer yang bisa dihub i atau pin bbm tolong ya kak kirim ke email saya deprilakalaksana@gmail.com

    BalasHapus